HaditsWeb Logo

 

 

Silsilah Hadits-Hadits Masyhur -5 (Surga Itu Di Bawah Telapak Kaki Ibu)
Senin, 12 April 04

Mukaddimah

Hadits ini tentunya tidak lagi asing bagi siapapun, sebab sangat sering diucapkan ataupun didengar melalui berbagai media.

Namun ada hal yang perlu diklarifikasi lagi mengingat penisbahannya kepada sabda Rasulullah bukanlah hal main-main; apakah kualitas hadits dengan redaksi seperti itu dapat dipertanggungjawabkan ataukah tidak? Kalau, begitu apakah ada hadits dengan naskah yang lain? Ataukah hanya maknanya saja yang shahih?

Naskah Hadits

اْلجَنَّةُ تَحْتَ أَقْدَامِ اْلأُمَّهَاتِ

"Surga itu di bawah telapak kaki ibu."

Penjelasan:

Hadits dengan redaksi seperti ini disebutkan oleh Imam as-Suythiy di dalam kitabnya ad-Durar al-Muntsirah Fi al-Ahdts al-Musytahirah (buku yang kami gunakan sebagai rujukan dalam kajian ini), dengan menyatakan bahwa ia diriwayatkan oleh Imam Muslim dari hadits Anas.

Namun penahqiq (analis) atas buku tersebut, yaitu Syaikh. Muhammad Luthfy ash-Shabbgh memberikan beberapa anotasi berikut:

"Hadits dengan redaksi (lafazh) seperti ini kualitasnya Dla'f (lemah). Menurut saya, menisbahkannya kepada Imam Muslim perlu diberi catatan. Imam ash-Shakhawiy berkata, 'Demikian ini, padahal ad-Dailamiy telah menisbahkannya kepada Imam Muslim dari Anas, karena itu perlu dicek kembali.' Al-Ghumriy ketika memberikan anotasi atas hal itu berkata, 'Sama sekali Imam Muslim tidak mengeluarkan hadits ini, sekalipun Imam az-Zarkasyiy dan as-Suythiy menisbahkan kepadanya mengikuti Imam ad-Dailamiy.'
Untuk itu, perlu merujuk kepada buku-buku berikut:


Syaikh al-Albniy berkata, 'Hadits tersebut (diatas) tidak diperlukan lagi karena sudah ada hadits sebelumnya yang dimuat di dalam kitab ash-Shahh, no.1249 dengan lafazh,

اِلْزَمْهَا فَإِنَّ اْلجَنَّةَ تَحْتَ أَقْدَامِهَا

"Berbaktilah terus kepadanya (sang ibu) karena surga itu berada di bawah telapak kakinya."

Yang dimaksud oleh Syaikh al-Albniy tersebut adalah hadits yang diriwayatkan Mu'wiyah bin Jhimah yang dikeluarkan Imam Ahmad (Jld.III:429) dan an-Nas`iy. Lihat juga, Sunan Ibn Mjah, no.2781 dan al-Mustadrak karya al-Hkim, Jld.II, h.104."

(Sumber: ad-Durar al-Muntsirah Fi al-Ahdts al-Musytahirah karya Imam as-Suythiy, tahqiq Syaikh. Muhammad Lutfhfy ash-Shabbgh, h.105-106, no.178)

 


Sumber: http://www.alsofwah.or.id/?pilih=lihathadits&id=62


.:: HaditsWeb ::.